Kemendikbud: Pendaftaran Fasilitator Guru Penggerak Resmi Dibuka


Kementrian Pendidikan Republik Indonesia melalui Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan baru saja mengumumkan terkait pembukaan pendaftaran fasilitator guru penggerak (PGP). Ditjen GTK telah membuka pendaftaran sejak tanggal 16-28 Januari 2023.


Mengutip dari postingan di laman resmi ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan “Pendaftaran Calon Fasilitator dibuka untuk Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1, 2, 3 dan 4,” (17/1/2023).


Sebelum mendaftar menjadi fasilitator guru penggerak perlu guru ketahui tugas dan pekerjaan yang akan dilakukan. Nantinya fasilitator guru penggerak akan bertugas mencatat progres, mengumpulkan tugas, melakukan penilaian, memberi masukan, memberikan motivasi dan membantu Calon Guru Penggerak selama pendidikan


Tak hanya itu fasilitator guru penggerak juga akan bertugas memberikan masukan kepada instruktur, memfasilitasi jalannya diskusi dan memberikan refleksi kepada calon guru penggerak.


Tugas menadi fasilitator guru penggerak nanti akan berlangsung secara daring. Alangkah lebih baiknya jika ingin mendaftar, peserta harus menyediakan fasilitas teknologi dan terampil menggunakan teknologi informasi dengan baik.


Timline Pelaksanaan Pendaftara Fasilitator Guru Penggerak Angkatan 13


Jangan sampai ketinggalan agenda pendaftaran fasilitator guru penggerak angkatan 13 ini dengan melihat linimasanya sebagai berikut:


  1. Tautan khusus untuk mendaftar fasilitator guru penggerak dibuka dari tanggal 16-28 Januari 2023;
  2. Tahap pengecekan administrasi dan evaluasi esai berlangsung papda 30 Januari – 9 Februari 2023;
  3. Pengumuman hasil tahap I akan berlangsung pada 21-22 Februari 2023;
  4. Seleksi wawancara berlangsung pada 27 Februari – 7 Maret 2023;
  5. Pengumuman hasil tahp II akan berlangsung tanggal 16 – 17 MAret 2023;
  6. Pembekalan fasilitator guru penggerak berlangsung pada 21 Maret – 8 MAret 2023;
  7. Penetapan fasilitator guru penggerak berlangsung dari 13 – 14 April 2023;


Kriteria umum fasilitator guru penggerak

  1. Pernah bertugas sebagai pendamping dalam program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 1, 2, 3, atau 4. Minimal sebanyak satu kali;
  2. Berkomitmen penuh untuk bertugas sebagai fasilitator dan berseda untuk memenuhi kewajiban;
  3. Mendapatkan izin secara langsung dari atasan;
  4. Saat ini tidak sedang bertugas ebagai asesor, instruktur, kepala sekolah penggerak, fasilitator sekolah penggerak;
  5. Tidak sedang mengikuti seleksi sebagai asesor, instruktur, kepala sekolah penggerak;

Informasi lebih lengkapnya anda dapat mengakses informasi pendaftaran fasilitator guru penggerk dengan mengklik tautan dibawah ini https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/unduhan.


Jumlah Terkini Pendaftar Guru Penggerak

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi baru saja mengabarkan bahwa saat ini peserta Pendidikan Guru Penggerak (PGP) mengalami peningkatan.


Kemendikbud menyampaikan saat ini telah ada lebih dari 2.000 guru yang mendaftar pada setiap pembukaan pendaftaran angkatan.


Mengutip dari laman Antara “Jumlah peserta Pendidikan Guru Penggerak pada setiap angkatannya mengalami surplus. ungkap Kepala Direktur, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan, Ditjen GTK.


Jumlah rata-rata pendaftar pada bukaan Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan I-III sendiri saat itu mencapai 2.800 guru. Kemudian semakin meningkat pada pendaftaran angkatan IV yaitu sekitar 8.503 orang. Namun yang berhasil lulus Pendidikan Guru Penggerak angkatan IV hanya sebanyak 7.948 guru.


Guru yang telah lulus tersebut hingga kini telah usai menempuh pendidikan, pendampingan dari pengajar praktik, instruktur dan fasilitator guru penggerak.


Saat ini mereka yang telah melalui proses-proses tersebut telah berhak mengantongi sertifikat Guru Penggerak.


Dengan mengantongi sertifikat guru penggerak, guru dapat berpeluang untuk memperoleh pengangkatan menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah.


Sebab mereka telah mengantongi syarat administratif sebagaimana disebutkan didalam Permendikbudristek Nomor 26 tahun 2022 tentang PGP.


Dalam Permendikburistek Nomor 40 tahun 2021 pemerintah sudah mendorong kepala daerah baik bupati, gubernur atau wali kota agar membuatkan peraturan daerah terkait pengangkatan kepala sekolah dengan syarat sertifikat guru penggerak.


Guru yang telah melalui PGP merupakan guru yang telah teruji kualitas dan keprofesionalitasannya. Melalui program Pendidikan Guru Penggerak, seorang guru dilatih untuk menjadi pemimpin dalam pembelajaran.


Guru penggerak merupakan figur yang bertugas mengakselarasi pengimplementasian Merdeka Belajar.


Program ini merupakan kebijakan lanjutan dari Merdeka Belajar yang diusung oleh Mentri Nadiem. Tujuan pelaksanaan ini adalah untuk memberikan skill kepemimpinan pembelajaran kepada guru.


Kapasitas kepemimpinan pada guru ini bertujuan agar seorang guru dapat menggerakan komunitas belajar di wilayah internal sekolah maupun eksternal.


Pendidikan Guru Penggerak (PGP) yang berlangsung selama sembilan bulan ini dilaksanakan dengan metode pendekatan andragogi dan blended learning.


Pembelajaran yang nantinya disampaikan guru penggerak harapannya dapat implementatif dengan berbasis pembelajaran lapangan.


70 persen kegiatan yang dijalankan dalam PGP berbentuk on the job training. Artinya guru yang menjadi peserta PGP akan diberi tugas mengajar dan menggerakan komunitas di sekolah.


Sebanyak 20 persen pelatihan yang dilakukan secara berkelompok dengan rekan guru dan sisanya sebanyak 10 persen pembelajaran berlangsung bersama narasumber, instruktur, dan fasilitator pendidikan guru penggerak.


Tercatat hingga tahun 2022 program Pendidikan Guru Penggerak telah berlangsung sebanyak tujuh kali. Sehingga sudah ada tujuh angkatan lulusan guru penggerak yang tersebara di seluruh wlayah Indonesia.


Adapun program angkatan Program Pendidikan Guru Penggerak yang telah terlaksana dan melahirkan banyak lulusan rinciannya sebagai berikut:

1. Pendidikan Guru Penggerak Angkatan I telah berakhir pada September 2021;

2. Pendidikan Guru Penggerak Angkatan II telah berakhir pada Januari 2022;

3. Pendidikan Guru Penggerak Angkatan III telah berakhir pada bulan Juli 2022;

4. Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV telah berakhir pada bulan November 2022;

5. Pendidikan Guru Penggerak Angkatan V telah berlangsung dari bulan Mei 2022;

6.Pendidikan Guru Penggerak Angkatan VI telah dimulai pada Agustus 2022 dan

7. Pendidikan Guru Penggerak Angkatan VII telah dimulai pada 20 Oktober 2022;


Keluhan Guru Terhadap Program Guru Penggerak

Meski Pendidikan Guru Penggerak bertujuan mulia untuku kemaslahatan pendidikan Indonesia. Akan tetap banyak keluhan yang disampaikan oleh para guru.


Federasai Serikat Guru Indonesia (FSGI) mengomentari kurangnya dukungan dari pemerintah daerah terhadap jalannya turunan kebijakan Merdeka Belajar ini.


Padahal pemerintah pusat mebuat PGP Merdeka Belajar Episode 5 ini agar para pendidik Indonesia dapat menjadi pemimpin di masa depan nanti.


Bagi FSGI Program Pendidikan Guru Penggerak sangat bagus. Apalgi jika dampak dari program Kementrian Pendidikan ini sudah mulai terasa.


FSGI mengomentari lamanya proses seleksi dan pelatihan telah memakan banyak waktu untuk para calon guru penggerak. Dampaknya banyak guru yang meninggalkan tugas pokoknya di sekolah hanya demi lulus dari program ini.


Program Guru Penggerak yang mengimingi guru dengan kemudahan untuk mendapat jabatan kepala sekolah telah menjadi daya tarik tersendiri.


Namun kebijakan ini akan berdampak secara kuantitatif saja terhadap implementasi Merdeka Belajar jika terlalu mengerahkan guru penggerak.


Wakil Sekjen Federasai Serikat Guru Indonesia mengungkapkan pola pembelajaran yang dilaksanakan secara daring dan sesekali luring tidak mengubah pola pikir guru penggerak secara signifikan.


Apalgi kritera lulus yang sifatnya admnistratif belaka. Orientasi ini hanya berfokus pada kuantitas dan sangat bersimpangan jauh dengan cita-cita perubahan paradigma belajar yang jauh lebih berkualitas.


Demikian informasi seputar Kemendikbud: Pendaftaran Fasilitator Guru Penggerak Resmi Dibuka.

Baca Juga

Post a Comment

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post