Info PPPK 2022 dari BKN, Pendaftaran P3K Dibuka Paling Cepat November, Penetapan NIP Tahun Depan


Calon pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diimbau untuk selalui update info PPPK 2022 di website resmi pemerintah.


Salah satu info PPPK 2022 yang disampaikan pejabat Badan Kepegawaian Negara (BKN) adalah jadwal pendaftaran P3K atau PPPK 2022.


Info PPPK 2022 ini bakal membuat calon pelamar kecewa. Sebab, jadwal pendaftaran P3K mundur dari jadwal sebelumnya.


Seperti diketahui, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas sebelumnya mengatakan pendaftaran P3K 2022 dibuka pada minggu ketiga hingga minggu keempat September. Namun hingga sekarang pengumuman lowongan PPPK saja belum dilakukan.


Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen mengatakan, jadwal seleksi PPPK 2022 paling cepat dilaksanakan pada November.


Hal itu disampaikan Suharmen dalam acara Silaturrahmi Merdeka Belajar (SMB), Kamis 22 September 2022.


"Kalau dari ancang-ancang awal, kalau proses ini kita mau lakukan secara keseluruhan, dengan melalui mekanisme terbuka dan tertutup, maka paling cepat pelaksanaan seleksi bisa kita laksanakan di minggu ketiga bulan November," ucap Suharmen.


Mekanisme tertutup adalah proses seleksi pelamar prioritas 1 (P1), prioritas 2 (P2), dan prioritas (3) bagi calon P3K Guru 2022.


Pelamar P1 adalah guru yang telah lulus passing grade (PG) pada seleksi P3K 2021, di antaranya THK-II, guru honorer negeri, lulusan PPG, dan guru swasta.


Pelamar P2 adalah THK-II yang belum lulus PG. Sedangkan pelamar P3 adalah guru honorer negeri yang terdaftar di data pokok pendidikan (Dapodik) dengan masa kerja paling kuran 3 tahun.


Sementara mekanisme terbuka adalah seleksi tes CAT BKN bagi pelamar umum, baik calon P3K guru maupun calon calon PPPK non guru.


Suharmen menjelaskan, tahapan seleksi PPPK 2022 harus mengikuti skema yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan PP No 49 tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.


"Yang diatur itu adalah jumlah hari. Misalnya pengumuman itu harus berapa hari kalender. Itu diatur di dalam PP," kata Suharmen.


Dalam PP itu disebutkan, pengumuman lowongan ASN dilakukan selama 15 hari kalender.


"Jadi kita tidak bisa kemudian melanggar ketentuan yang sudah diatur dalam PP tadi," beber Suharmen.


Ia menyebut jika Panselnas melanggar aturan itu, maka ada potensi bagi orang lain untuk menggugat karena merasa dirugikan.


"Skema ini harus diikuti karena itu adalah mandat dalam peraturan perundang-undangan kita," ucapnya.


Suharmen membeberkan tahapan seleksi PPPK 2022, mulai dari tahap pengumuman lowongan, seleksi administrasi, masa sanggah, pengumuman hasil seleksi, hingga penetapan nomor induk pegawai (NIP).


"Kalau kita melaksanakan seleksi di minggu ketiga bulan November, kemudian dilakukan pengolahan hasil, ya pengumumannya nanti akhir-akhir atau di minggu ke-3, minggu ke-4 bulan Desember itu sudah bisa diumumkan hasilnya," beber Suharmen.


Menurutnya, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk mengumumkan hasil seleksi PPPK 2022.


"Sekitar satu bulan karena harus direkonsiliasi semua data, jangan sampai nanti datanya kemudian tiba-tiba baru masuk, ternyata dia lebih tinggi skornya dari yang sudah terlanjur diumumkan. Nah, kan jadi potensi masalah," katanya.


"Jadi, semua data harus dipastikan masuk dulu, kemudian baru diolah. Setelah diolah, baru kemudian ditandatangani secara digital oleh kepala BKN untuk ditentukan kelulusan yang bersangkutan," tambah Suharmen.


Dijelaskan Suharmen, penetapan NIP dilakukan oleh BKN setelah pengumuman kelulusan.


Sebelum penetapan NIP, kata Suherman, panitia memberikan kesempatan kepada pelamar untuk melakukan sanggah.


"Jadi, nanti mereka (pelamar) juga nanti diberikan mekanisme untuk bisa melakukan sanggah terhadap nilai yang bersangkutan," imbuh Suharmen.


Jika ada peserta yang merasa dirugikan, misalnya dia merasa nilainya 100, tapi yang muncul di hasil kelulusan BKN hanya 80, maka yang bersangkutan berhak untuk melakukan sanggah.


"Nah mereka bisa menyanggah itu. Jadi kalau dia merasa dirugikan, mereka diberikan skema untuk melakukan sanggahan," katanya.


Sesuai regulasi, masa sanggah selama 10 hari. Tiga 3 hari untuk peserta melakukan sanggahan dan 7 hari bagi panitia untuk menjawab sanggahan peserta.


"Kalau semua sudah clear, sudah selesai periode sanggah, baru diumumkan kelulusan final," ucap Suharmen.


Lebih jauh Suharmen menjelaskan, jika pelaksanaan seleksi berjalan sesuai jadwal, maka penetapan NIP akan dilakukan pada minggu ketiga Januari 2023.


"Penetapan nomor induk ini, kalau kita konsisten dengan jadwal tadi, maka penetapan nomor induk diperkirakan paling cepat itu sekitar bulan Januari minggu ketiga," pungkas Suharmen.


Demikian info PPPK 2022 yang disampaikan Suharmen terkait jadwal pendaftaran P3K hingga pengumuman kelulusan dan penetapan NIP PPPK 2022.

Baca Juga

Post a Comment

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post