Sosialisasi Dampak dan Manfaat Pemutakhiran Data belajar.id dan Dapodik

   


Sosialisasi Dampak dan Manfaat Pemutakhiran Data belajar.id dan Dapodik

Penyempurnaan Sistem Website Belajar.id Sejak Diluncurkan pada Desember 2021



Apa itu pemutakhiran data?

Per Juli 2022, dilakukan pemutakhiran data pada sistem Belajar.id. Pemutakhiran data ini dimaksudkan agar akun Belajar.id dapat selaras secara otomatis dengan data yang ada di Dapodik, sehingga detail nama akun, data profil, dan lainnya akan terus diperbarui tanpa harus mengubah secara manual.


Apa tujuan dari pemutakhiran data itu sendiri?

Penyelarasan data (pemutakhiran data) pada sistem Belajar.id dengan data yang tersedia di Dapodik secara berkala.  

Pemutakhiran data ini diharapkan menjadi solusi masif pembuatan akun belajar id baru, pindah jenjang sekolah, maupun perubahan peran dari guru ke admin dan sebaliknya.

Dengan adanya email notifikasi yang akan Anda terima setiap terdapat perubahan data, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi mengetahui apabila ada pembaruan yang harus dilakukan.


Siapa saja yang terkena dampak dari pemutakhiran data tersebut?

Pastikan Anda melakukan pengecekan pada email akun Belajar.id Anda secara berkala. Mohon untuk cek juga kanal spam, promosi, sampah, dll pada email anda. Hal ini agar Anda lebih mengetahui langkah-langkah selanjutnya apabila Anda mendapatkan email notifikasi. 


Secara umum, terdapat 3 Tahapan dalam Alur Proses Pemutakhiran Data BelajarID


Contoh Linimasa untuk Skenario Komunikasi ke Pengguna



Contoh Skenario

Pengguna yang Dinon-Aktifkan

Skenario 1: Pengguna yang Dinon-Aktifkan


Apa yang harus dilakukan apabila mendapatkan notifikasi tersebut?
Jangan khawatir, Anda akan diberikan waktu selama 30 hari untuk melakukan pemindahan data dari akun Belajar.id ke akun personal Anda menggunakan  Google Takeout Transfer. Namun, apabila melebihi batas waktu 30 hari, maka Anda tidak dapat mengakses akun Belajar.id lagi. 

Apabila Anda perlu bantuan lebih lanjut ketika mendapatkan salah satu email notifikasi, silakan menghubungi tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman https://belajar.id/

Contoh Email Yang Diterima Pengguna


Tanya Jawab

Q: Bagaimana jika saya masih ingin menggunakan akun Belajar.id saya sedangkan sekolah saya ditutup?
A: Akun Belajar.id Anda akan tetap aktif setelah 30 hari pesan dikirim. Pastikan saja jika Anda hendak pindah/mutasi ke sekolah lain dan tetap menggunakan akun Belajar.id Anda, silakan mengupdate data sekolah baru dengan menghubungi operator sekolah baru Anda untuk memperbarui data di Dapodik untuk terhindari dari penghapusan akun secara otomatis. 

Q: Mengapa akun Belajar.id saya tidak aktif/terhapus dan saya tidak menerima email notifikasi terkait penghapusan akun?
A: Silakan lakukan pengecekan data Anda di Dapodik melalui Kepala atau Operator Sekolah Anda. Jika Anda masih terdaftar dan tidak ada perubahan data di Dapodik, silakan mengirimkan screenshot data profil Anda di Dapodik beserta informasi tanggal terakhir kali Anda melakukan perubahan data di Dapodik melalui tombol ‘Butuh Bantuan’ pada laman https://belajar.id/. 

Q: Bagaimana cara saya memindahkan data dari akun belajar.id ke email pribadi  saya dikarenakan saya sudah tidak bekerja sebagai Pendidik & Tenaga Kependidikan (PTK)?
A: Anda bisa menggunakan menggunakan Google Takeout Transfer untuk  mentransfer ke email gmail pribadi Anda. Pelajari cara menggunakan Google Takeout Transfer selengkapnya melalui tautan ini.

Download materi Lengkap DISINI


Baca Juga

Post a Comment

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post