Menghitung Peluang Indonesia U-19 Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2022

 


Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 bisa menjaga asa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Hanya saja, ada syarat wajib yang harus dipenuhi agar tim Merah Putih dapat terus bertahan.


Indonesia U-19 memperpanjang napas setelah membantai Filipina U-19 dengan skor 5-1 pada laga keempat Grup A. Hasil di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (8/7/2022) itu membuat tuan rumah naik ke posisi tiga.


Armada Shin Tae-yong kini mengemas delapan poin hasil dua menang dan dua imbang. Mereka terpaut dua poin dari Vietnam U-19 dan Thailand U-19 dengan tersisa satu laga.


Ini yang menjadi persoalan. Indonesia U-19 membutuhkan kemenangan di laga penutup menghadapi Myanmar U-19 agar bisa melaju ke babak gugur.


Disisi lain, Thailand U-19 dan Vietnam U-19 akan saling bentrok pada hari yang sama. Apapun hasil akhirnya, salah satu dari mereka dipastikan akan melenggang.


Walau tertinggal dua poin dari dua rival di atas, Garuda Nusantara unggul produktivitas. Indonesia U-19 telah mencetak 12 gol dan kemasukan satu kali atau +11.


Catatan itu lebih tinggi dari Vietnam U-19 (+9) dan Thailand (+6). Ini nantinya dapat mempengaruhi jika perlolehan poin ketiganya sama kuat.


Secara teknis, Indonesia U-19 punya tiga opsi, yakni lolos jadi juara grup atau runner-up. Atau yang ketiga, yakni tersingkir. Opsi terakhir akan terjadi jika Ronaldo Kwateh dkk imbang atau kalah kontra Myanmar U-19.


Indonesia U-19 bakal jadi runner-up jika bisa mengalahkan Myanmar U-19, sementara duel Vietnam U-19 vs Thailand U-19 ada pemenang.


Lalu bagaimana jika laga Vietnam U-19 vs Thailand U-19 berakhir imbang dan Indonesia U-19 menundukan Myanmar U-19? Bila ini terjadi, maka ketiga tim itu sama-sama mengoleksi 11 poin.


amun, Indonesia U-19 bisa saja jadi juara grup lantaran unggul selisih gol. Sebab, head-to-head mereka imbang dengan Vietnam U-19 dan Thailand U-19 karena sebelumnya bermain 0-0.


Baca Juga

Post a Comment

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post