Segera Daftar! Diklat Gratis 40JP : Penguatan ketrampilan mengajar

 


Special dari eguru akan segera menyelenggarakan Diklat 40JP Spesial Anniversary dengan judul Penguatan ketrampilan mengajar pada guru dalam rangka menyambut tahun ajaran baru yang akan diselengggarakan secara dari melalui live streaming youtube dan live zoom meeting.


Webinar akan diselenggarakan pada hari Sabtu-Rabu, 25-29 Juni 2022 dengan narasumber special dan materi yang akan disampaikan setiap harinya yaitu:

  1. Hari pertama Sabtu, 25 Juni 2022. Sub Judul : Ketrampilan guru abad 21 dalam kurikulum merdeka. pembicara yaitu Dr. Achyar Ade, M.Pd. yang merupakan (Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak)
  2. Hari kedua Senin, 27 Juni 2022. Sub Judul: Membangun Komunikasi & Kolaborasi Murid, Guru, Orang tua. Pembicara yaitu Ir. Shahnaz Haque yang merupakan (Aktris dan Praktisi Parenting)
  3. Hari ketiga Selasa, 28 Juni 2022. Sub judul: Meningkatkan berpikir kreatif pada guru dengan menulis buku. Pembicara yaitu Syaihul Muhlis, S.IP., M.Pd yang merupakan (Penulis dan Instruktur e-Guru.id)
  4. Hari keempat Rabu, 29 Juni 2022. Sub Judul : Mewujudkan profil pelajar pancasila melalui peningkatan pendidikan karakter. Pembicara yaitu Dr. Nina Oktarina, S.Pd., M.Pd. yang merupakan (Dosen Universitas Negeri Semarang)


Dan juga akan menghadirkan keynote speaker Dr. Hendrar Prihadi, S.E., M.M Walikota Semarang (**Sedang dalam konfirmasi). Bagi peserta yang ingin mengikuti kegiatan dapat mendaftar dengan cara sebagai berikut:


TATA CARA PENDAFTARAN :

  1. Gabung channel Info Webinar Pendidikan https://t.me/infowebinarpendidikan (Info Kegiatan)
  2. Subscribe Channel Youtube e-Guru TV https://www.youtube.com/c/eGuruTV
  3. Share info ini ke 5 Grup Pendidik
  4. Mengisi formulir pendaftaran pada link berikut : https://bit.ly/Diklat40JP_Anniversary

Apabila terdapat kendala dalam pendaftaran silahkan untuk menghubungi narahubung kami di nomor wa.me/6285869433931 (Admin Ayu) Selamat mengikuti kegiatan! Guru Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar.


Ketrampilan Mengajar Guru

Pembelajaran merupakan hasil dari memori, kognisi dan metakognisi yang berpengaruh terhadap pemahaman (Muftahul Huda, 2013). Proses Belajar mengajar juga dapat digambarkan sebagai proses penyampaian informasi dari guru kepada siswa.


Guru harus mampu mengubah informasi menjadi sesuatu yang menarik dan mudah dipahami agar siswa dapat menyerapnya dengan baik. Kemampuan guru dalam menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran ini bukanlah hal yang sepele.


Guru perlu memiliki keterampilan mengajar yang kompeten untuk memungkinkan siswa belajar, terlibat, dan mencapai tujuan pembelajaran mereka.


Penguasaan keterampilan dasar mengajar mutlak bagi tenaga pengajar, karena dengan penguasaan itu melaksanakan pembelajaran tidak menjadi suatu beban. Terdapat 8 keterampilan dasar mengajar meliputi :


8 Ketrampilan Mengajar

  1. keterampilan membuka dan menutup pelajaran, Peranan guru dalam pembukaan kelas dan penutupan berpengaruh pada ingatan materi siswa.
  2. keterampilan menjelaskan. ketrampilan menjelaskan adalah kemampuan menyajikan informasi secara sistematis sebagai satu kesatuan yang bermakna sehingga siswa dapat  dengan mudah memahaminya.
  3. keterampilan bertanya, melalui proses bertanya guru dapat menggali informasi dari siswanya. Bertanya memainkan peran penting dalam proses pembelajaran, karena dengan bertanya guru dapat merangsang dan menginspirasi pemikiran siswa. Pertanyaan dari guru juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.
  4. keterampilan memberi penguatan, pemberian Penguatan harus dilakukan sesering mungkin. Penguatan (reinforcement) adalah segala bentuk respons, baik bersifat verbal maupun nonverbal. Penguatan dimaksudkan untuk memberi siswa umpan balik atas tindakan mereka sebagai dorongan dan koreksi.
  5. keterampilan mengadakan variasi stimulus. Variasi dalam konteks belajar mengajar merujuk pada Tindakan guru yang disengaja atau secara spontan dengan tujuan untuk mengikat perhatian siswa selama pembelajaran berlangsung.
  6. keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, Diskusi yang berjalan baik dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir HOTS.
  7. keterampilan mengelola kelas. Keterampilan mengelola kelas menjadi hal yang penting dimiliki guru agar suasana belajar mengajar dapat menunjang efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran.
  8. keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Hal terpenting ketika belajar dalam kelompok kecil adalah guru perlu meningkatkan keterampilan sosial dan kompentensi kepribadian. Dalam situasi belajar kelompok ini, diperlukan komunikasi dan hubungan yang erat agar siswa dapat belajar dengan nyaman.


Kedelapan jenis ketrampilan mengajar tersebut satu dengan yang lain saling terkait.

Baca Juga

Post a Comment

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post