PESERTA PPG DALJAB TAHUN 2022 WAJIB TAHU, TAHAPAN PELAKSANAAN PPG DALJAB 2022 SETELAH DINYATAKAN LULUS PRETEST


Muarapendidikan.net - Pada kesempatan kali ini mimin akan menjelaskan kepada bapak ibu guru semua yang harus bapak ibu guru lakukan setelah dinyatakn lulus pretest PPG DALJAB 2022. Apa saja sih yang harus dilakukukan, yuk simak penjelsannya dibawah ini.


TAHAPAN SETELAH DINYATAKAN LULUS PRETEST PPG

Tahapan yang harus dilakukan setelah dinyatakan lulus pretest PPG Tahun 2022 dari awal sampai akhir antara lain, yaitu :

Lapor Diri Melalui website SIMPKB

Perlu diketahui lapor diri ini wajib dilakukan oleh setiap peserta PPG Daljab tahun 2022 yang sudah dinyatakan lulus pretest PPG Daljab Tahun 2022. Karena apabila peserta PPG tidak melakukan lapor diri maka bisa saja bapak ibu guru tidak bisa mengikuti PPG DALJAB untuk tahap selanjutya. Ketika bapak ibu melakukan lapor diri maka bapak ibu guru wajib menyiapkan beberapa berkas yang harus bapak ibu guru upload di laman SIMPKB itu sendiri, sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. untuk mrlakukan lapor diri bisa dilakukan melalui akun SIMPKB-nya masing - masing.

Setelah melakukan lapor diri maka bapak ibu guru akan diarahkan untuk langsung ke tahap pelaksanaan. Tahapan pelaksaan ini terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain :


1. Belajar Mandiri

Ketika Bapak ibu guru akan melakukan belajar mandiri maka bapak ibu harus menyiapkan beberapa peralatan yang akan bapak ibu guru gunakan nantinya, yaitu Laptop dan Jaringan Internet. Untuk jaringan internet usahakan yang stabil. Karena nantinya tugas dari bapak ibu guru akan diketik dan akan membuat sebuah resume, test modul, mengerjakan soal baik itu pilihan ganda maupun soal isian yang diberikan oleh Dosen uang wajib bapak ibu guru kerjakan dan wajib memenuhi Nilai. Misalnya nilai yang harus bapak ibu guru capai adalah 70 maka bapak ibu guru wajib memmenuhi nilai tersebut, jika nilai yang bapak ibu peroleh kurang dari batas nilai yang ditentukan maka bapak ibu guru akan diremidial dan tambahan tugas. Jadi usahakan untuk belajar mandiri ini nilainya diatas rata – rata.


2. Orientasi


3. Analisis Materi pembelajaran

Pada kegiatan Analisis Materi pembelajaran ini akan dibimbing oleh beberapa dosen dan akan dinilai setiap langkah demi langkah.


4. Desain pembelajaran INOVATIF

Pada kegiatan Desain pembelajaran INOVATIF bapak ibu harus bisa membuat Perencanaan Pemebelajaran, Silabus, Modul maupun yang lainnya.


5. Uji Komprehensif

  • Uji komprehensif sama halnya dengan ujian skripsi, yaitu terdapat dua orang dosen penguji.
  • Dalam uji komprehensif, biasanya dosen penguji akan menanyakan terkait perangkat pembelajarana, yaitu RPP yang memiliki TPACK.
  • Peserta PPG Daljab harus menyiapkan perangkat pelajaran tersebut secara menyeluruh.
  • Biasanya ada juga dosen penguji yang menguji peserta PPG dengan bertanya terkait materi PPG, terkait RPP dan ada juga yang disuruh untuk praktek mengajar. Peserta PPG harus siap akan semua kemungkinan yang terjadi.
  • Peserta PPG Daljab 2022 harus memiliki pemahaman tentang teori-teori belajar.
  • Peserta PPG harus memahami tentang karakteristik peserta didik abad 21.
  • Peserta PPG harus memahami bagaimana penerapan model belajar.
  • Peserta PPG harus mengetahui cara menyusun RPP, dari kognitif hingga taksonomi bloomnya.

Jika tidak lulus dalam uji komprehensif ini maka bapak ibu guru akan diremidial, jadi usahakan dalam setiap tahapan bapak ibu guru dinyatakn lulus agar tahapan selanjutnya semakin lancar.


6. Praktek Pembelajaran INOVATIF

Pada Praktek Pembelajaran INOVATIF ini bapak ibu harus membuat RPP sendiri  dan memperagakan dan mempraktekkan pembelajaran INOVATIF nya sendiri.seperti apa dan dengan metode apa dan desain model pembelajaran yang sebagus dan semenarik mungkin.


7. UKIN dan UP

UKIN dan UP BISA bisa dilaksanakan setelah bapak ibu guru menyelsaikan tahapan tahapan dari awal belajar mandiri sampai Praktek pembelajaran inovatif dilakukan dan dinyatakan lulus dari setiap tahapan yang bapak ibu lakukan.

Jadi itulah tahapan tahapan yang harus bapak ibu ikuti dan bapak ibu guru laksanakan sampai tuntas dan dinyatakan lulus.


Semoga bapak ibu guru yang mengikuti PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 dinyatakan LULUS SEMUA, aamiin aamiin ya robbal alamiin.



Baca Juga

Post a Comment

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post