DIKLAT 40 JP GRATIS!!! Optimalisasi Bahan & Media Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Belajar

 


DIKLAT 40 JP GRATIS!!!


Optimalisasi Bahan & Media Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Belajar


Akan datang di bulan Juni!

Jangan sampai ketinggalan, segera pre register sebelum penuh!!!

👇👇👇

https://bit.ly/PreregisMERDEKA

https://bit.ly/PreregisMERDEKA

https://bit.ly/PreregisMERDEKA


PRE REGISTRASI DIKLAT MERDEKA

FASILITAS:

Dengan mengikuti pelatihan ini anda akan mendapatkan fasilitas berupa rekap presensi, Undangan, Buku panduan, Video rekaman materi, Konsultasi, Contoh laporan kegiatan, Contoh laporan pengembangan diri, *Sertifikat 40 JP (biaya sukarela) setelah pelatihan selesai, berapapun nominalnya kami terima dengan suka cita.


Perangkat ajar

Perangkat ajar adalah berbagai bahan ajar yang dapat digunakan guru untuk menunjang kegiatan belajar mengajarnya. Dilengkapi dengan alur dan hasil pembelajaran yang disusun oleh tahapan tertentu. Dapat berupa bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks.


Tujuan dari perangkat ajar sendiri adalah untuk membantu pengguna baik itu peserta didik, guru maupun satuan pendidik lainnya agar proses belajar mengajar berjalan dengan efektif dan efisien, dengan maksud untuk mencapai peningkatan capaian hasil belajar dan mengajar serta penggunaan sumber daya secara maksimal seperti manusia, waktu dan peralatan.


Perangkat ajar dapat berupa berbagai modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran, modul projek, dan bahan lainnya yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar.


Penyusunan Perangkat ajar

Seperti yang dijelaskan dalam modul dari kementrian dan kebudayaan ada 2 langkah besar dalam penyusunan perangkat untuk suatu mata pelajaran, yaitu:


Penyusunan Alur & Tujuan Pembelajaran. Beberapa pathways menuju CP disediakan pemerintah untuk digunakan sekolah. Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

Pengembangan Modul Ajar. Seperti RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa. Perangkat ini diharapkan membantu guru mengajar menggunakan metode terdiferensiasi.


Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka

Kemendikbudristek memfasilitasi pembelajaran pada satuan Pendidikan dengan platform merdeka mengajar. Platform ini menyediakan beragam perangkat ajar dari berbagai sumber untuk pendidik. Perangkat ini dapat langsung digunakan oleh pendidik untuk mengajar atau sebagai referensi untuk merancang pembelajaran. Perangkat ajar yang diberikan berupa:


Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Modul ajar yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.

Buku teks yang berisi buku teks utama merupakan buku yang digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku dan buku teks pendamping.

Baca Juga

Post a Comment

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post