Cara Konversi Bilangan Desimal Ke Oktal atau Bilangan Oktal Ke Desimal dan Contoh Soal-Soal Latihan

 


Cara Konversi bilangan Desimal ke Oktal dan bilangan Oktal Ke Desimal - Apa yang dimaksud dengan bilangan Oktal? Sistem Bilangan Oktal atau sistem bilangan radiks / basis 8 adalah sistem penulisan simbol angka yang terdiri dari 8 simbol, yaitu 0,1,2,3,4,5,6, dan 7.


Artinya angka maksimum didalam sistem bilangan Oktal adalah 7, sehingga jika kalian menemukan soal konversi bilangan Oktal misal konversi bilangan Oktal berikut 88 ke Desimal, kalian tidak perlu kerjakan karena soalnya saja sudah salah.


Cara Konversi bilangan Desimal ke Oktal dan bilangan Oktal ke Desimal

Cara Konversi bilangan Desimal ke Oktal

Cara mengkonversi bilangan desimal ke Oktal adalah dengan cara membagi bilangan desimal dengan 8 (basis / radiks bilangan oktal) dan menyimpan sisa hasil bagi dari setiap pembagian sebagai bit-bit bilangan oktal. Nilai konversinya adalah urutan sisa hasil bagi dari yang paling akhir.

Contoh soal konversi bilangan Desimal ke Oktal

A. Konversilah sistem bilangan Desimal ini menjadi Oktal 8
  1. 192(10) = ......(8)
  2. 32(10) = ......(8)
  3. 62(10) = ......(8)
  4. 175(10) = ......(8)
Jawab :

1. Konversi bilangan Desimal ke Oktal dengan cara dibagi 8

Cara konversi bilangan Desimal ke Oktal adalah dengan cara membagi bilangan Desimal dengan 8 (radiks atau basis bilangan Oktal) dan menyimpan sisa hasil bagi sebagai bit-bit bilangan Oktal. Nilai konversinya diurut dari sisa hasil bagi yang paling akhir.

Prosesnya gini...


Baca Juga

Post a Comment

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post