Segera Daftar! Pelatihan Gratis Pengenalan Coding untuk Tenaga Pendidik SD dan SMP

 


Muarapendidikan.net - Untuk tenaga pendidik SD dan SMP merupakan sebuah terobosan baru dari kementrian komunikasi dan informatika Republik Indonesia  untuk memajukan kemampuan tenaga pendidik serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.


Untuk persiapan hingga pelaksanaan pelatihan berikut ini merupakan jadwal atau time line dari pelatihan pengenalan coding untuk tenaga pendidik SD dan SMP.


Time Line Pelatihan Pengenalan Coding

Pendaftaran Pelatihan : 18 Mei – 1 Juni 2022


Jadwal Pelatihan : 13 Juni – 8 Juli 2022


(Kuota Pendaftar 2000 Peserta)


Untuk berikutnya merupakan deskripsi tema pelatihan dari pelatihan pengenalan coding untuk tenaga pendidik SD dan SMP.


Deskripsi Tema Pelatihan

Pelatihan ini mengajarkan bagaimana mengintegrasikan coding ke dalam pendidikan SD dan SMP melalui konsep dasar dan praktek yang relevan.


Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari berturut-turut di mana live session 4 JP/Hari, dengan total 32 JP. Materi yang digunakan untuk pelatihan diakses menggunakan LMS Kominfo.


Berikutnya merupakan persyaratan yang harus dipenuhi peserta guna mengikuti pelatihan pengenalan coding untuk tenaga pendidik SD dan SMP.


Persyaratan Peserta

  1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga.
  2. Terdaftar sebagai guru atau tenaga pendidik SD dan SMP, dibuktikan dengan SK mengajar atau surat tugas dari kepala sekolah atau yayasan.
  3. Mengetahui cara mengoperasikan PC atau leptop OS windows atau mac atau perangkat smartphone android.
  4. Memiliki laptop atau PC dengan OS windows 7,8,10 atau mac OS dengan RAM minimal 4 GB, processor Intel atau AMD minimal 1,6 Ghz.
  5. Memiliki koneksi internet minimal 4 Mbps.
  6. Memiliki smartphone minimal OS android 8.0 keatas.
  7. Memiliki akun whatssapp dan email aktif.

Catatan: Tidak mengharuskan peserta memiliki pengalaman sebelumnya dalam pengkodean (coding) atau AI.


Untuk berikutnya merupakan komponen penilaian kelulusan dari pelatihan pengenalan coding untuk tenaga pendidik SD dan SMP.


Komponen Penilaian Kelulusan

  • Tingkat kehadiran x 5 %
  • Quiz atau tugas harian x 60 %
  • Post test x 35 %

Untuk berikutnya merupakan tujuan dari pelatihan pengenalan coding untuk tenaga pendidik SD dan SMP.


Tujuan Pelatihan Pengenalan Coding

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengajarkan bagaimana memasukkan Programming (Coding) ke dalam pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.


Para peserta akan mempelajari konsep-konsep dasar yang relevan di lapangan dan praktik melalui pembuatan project mereka sendiri. Mereka juga akan terbiasa dengan alat dan metode pengajaran yang dapat digunakan dengan siswa mereka.


Untuk selanjutnya yakni hasil yang didapat dari pelatihan pengenalan coding untuk tenaga pendidik SD dan SMP.


Hasil dari Pelatihan

Peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dasar di bidang Pemrograman (Coding) – tolak ukurnya dengan kuis pre-test dan post-test.


Peserta akan dapat melakukan trial Coding Lesson sendiri dengan siswanya (pada masing-masing jenjang pendidikan).


Berikut ini untuk Link Pendaftarannya, Gratis.


https://komin.fo/WebTA_Coding


Sebelum teman-teman guru mengikuti pelatihan mendalam terkait pelatihan pengenalan coding untuk tenaga pendidik SD dan SMP.


Berikut merupakan penjelasan sekaligus pengenalan terkait coding.


Pengertian Coding

Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman.


Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding Anda harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku.


Aturan sintaks sangat tergantung dari bahasa pemrograman apa yang Anda gunakan saat menuliskan skrip.


Dengan kata lain coding merupakan kegiatan yang dimana Anda memberitahukan komputer apa yang harus dia kerjakan untuk Anda.


Sebuah kode yang ada pada skrip bisa diibaratkan layaknya bahasa sehari-hari. Setiap kode yang Anda tulis akan membantu komputer untuk mengetahui dan memahami apa yang ingin Anda lakukan pada komputer.


Komputer akan menerima perintah ini dan komputer akan melakukan operasi berdasarkan perintah yang Anda tuliskan.


Untuk menyampaikan pesan tersebut terdapat bahasa tersendiri agar komputer bisa memahami apa yang Anda perintahkan.


Bahasa tersebut merupakan bahasa pemrograman, lalu apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman, berikut penjelasannya.


Bahasa Pemrograman

Untuk memulai ngoding atau belajar coding, langkah pertama adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan dipakai.


Tentukan bahasa pemrograman sesuai dengan tujuan dan apa yang akan Anda buat. Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman, setiap bahasa pemrograman memiliki tujuan dan karakteristiknya masing-masing.


Misalnya Anda akan memulai coding untuk membuat aplikasi android, maka Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin.


Sedangkan jika Anda akan memulai coding untuk membuat aplikasi web, maka Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript, maupun bahasa pemrograman lainnya.


Sebenarnya Anda bisa dengan leluasa memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan.


Berikut ini beberapa bahasa pemrograman populer yang bisa Anda gunakan untuk memulai coding.


PHP

PHP adalah bahasa pemrograman untuk website development. PHP dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf dan sering dimanfaatkan perusahaan sebagai bahasa komando dalam CMS (Content Management System) mereka.


PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Contoh website ternama yang menggunakan PHP dalam pengembangannya adalah Facebook, WordPress, Wikipedia, dan Digg.


Python

Python adalah bahasa pemrograman yang mempunyai fungsi sama dengan Java. Python dapat digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web maupun mobile.


Python mudah dipelajari oleh pemula karena sintaks yang cukup sederhana. Contoh perusahaan besar yang menggunakan Python dalam pengembangannya adalah Instagram, Pinterest, YouTube, Google, dan masih banyak lagi.


Bahasa pemrograman Python sudah banyak digunakan perusahaan, terutama untuk keperluan pengembangan AI atau Artificial Intelligence.


Javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape dan menjadi salah satu bahasa terpenting untuk Web Developer. JavaScript dapat digunakan untuk membuat web yang interaktif dan menarik. Selain itu, JavaScript juga dapat digunakan pada pembuatan aplikasi mobile, game, dan desktop.


Kelebihan JavaScript yaitu dapat digunakan di berbagai browser dan platform, tidak membutuhkan resource memory yang besar, sifatnya dinamis, dan mudah untuk dikembangkan.


Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan melalui berbagai jenis platform, mulai dari komputer (PC) hingga smartphone.


Java pertama kali dikembangkan pada tahun 1991 oleh James Gosling pada The Green Project. Faktanya, pemilihan nama Java ini karena kesukaan James Gosling terhadap kopi tubruk dari pulau Jawa, Indonesia.


Kelebihan Java adalah bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda dan termasuk dalam pemrograman OOP atau pemrograman orientasi objek yang memudahkan programmer dalam menyusun program.


Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer, aplikasi dalam smartphone Android dibangun menggunakan Java.


C

C merupakan bahasa yang sudah lama ada di dunia komputer. Bahasa ini menjadi dasar dalam pengembangan bahasa komputer yang lain.


Struktur data pada bahasa C ini terstruktur sehingga dapat dengan mudah untuk dikembangkan dan dipahami.


C adalah bahasa pemrograman tertua yang dikembangkan pada tahun 70-an oleh Dennis Ritchie.


Bahasa ini menjadi dasar dalam pengembangan bahasa komputer yang lain, bahasa C ini merupakan “bapak” dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.


Struktur data pada bahasa C ini terstruktur sehingga dapat dengan mudah untuk dikembangkan dan dipahami.


Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Yukihiro “Matz” Matsumoto. Ruby dirilis pertama kali pada tahun 1995, kemudian tahun 2011 dengan versi yang lebih baru.


Ruby bersifat Open Source dan mudah dipelajari untuk pemula. Ruby semakin populer terutama ketika digunakan dengan Framework Rails.  Beberapa platform yang dibangun menggunakan bahasa Ruby misalnya Hulu, Groupon, Airbnb, dan Twitter.


SQL

SQL atau Standard Query Language adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengakses, mengubah, dan memanipulasi data yang berbasis relasional.


SQL memungkinkan kamu untuk mengakses maupun mengubah database, mengambil data yang dibutuhkan, memperbarui atau menyisipkan data dalam database, dan menghapus sebuah data pada database.


Fungsi lain SQL adalah untuk membuat sebuah prosedur baru dan ini akan tersimpan dalam sebuah database. Selain itu, SQL juga bisa mengatur hak akses dalam tabel, prosedur, dan hal-hal penting lainnya. Hingga saat ini banyak server dalam sebuah database maupun software mampu mengartikan bahasa SQL.


Berikut tadi merupakan penjelasan terkait pelatihan pengenalan coding untuk tenaga pendidik SD dan SMP, yang dibuka oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.


Semoga apa yang sudah disampaikan bermanfaat bagi teman-teman guru semua, menambah informasi dan pengetahuan.


Sedikit yang bisa disampaikan, semoga apa yang sudah dijabarkan dan disampaikan pada artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman guru atau pendidik semua.


Silahkan dibagikan kepada guru-guru di seluruh Indonesia.

Baca Juga

Post a Comment

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post