6 Karakteristik Guru yang Sesuai dengan Perkembangan Zaman

 6 Karakteristik Guru Zaman Now



Muarapendidikan.net - Sesuai Kebutuhan Zaman, Siapa itu Guru zaman now? seperti apa Karakteristiknya? Kompetensi apa yang perlu dikuasai? Berikut 6 Karakteristik Guru yang Sesuai dengan Kebutuhan Zaman.



1. Adaptif


Seorang guru abad 21 harus bisa beradaptasi dengan segala perkembangan dan perubahan yang terjadi.

Smartboard hadir menggantikan papan tulis, Tablet hadir menggantikan buku. Video conference jadi proses pembelajaran lazim.

Guru harus bisa menyesuaikan diri dengan segala perkembangan tersebut, agar tetap sesuai dengan zaman.



2. Life-Long Learner


Bukan hanya peserta didik yang dituntuk untuk menjadi life-long learner, guru juga. Guru abad 21 akan terus mengikuti tren pendidikan dan perkembangan teknologi terupdate.

Mangacu pada hal tersebut, mereka akan menyesuaikan rencana pembelajarannya. Rencana dan metode pembelajaran yang lama akan di update sesuai perkembangan terkini.



3. Berkolaborasi


Salah satu profil guru efektif abad 21 yaitu mampu bekerja secara kolaboratif dan bisa membimbing siswa untuk berkolaborasi dalam pembelajaran.

Kolaborasi adalah salah satu keterampilan yang cukup penting pada era ini. Keterampilan ini bisa meningkatkan efektivitas suatu kegiatan.



4. Melek Teknologi


Pembelajaran di abad 21 akan banyak memanfaatkan berbagai macam teknologi terbaru terutama ICT.

Maka dari itu, salah satu profil guru abad 21 yang cukup penting adalah melek teknologi.


Mereka harus menguasai teknis penggunaan sejumlah teknologi dan menerapkannya dalam pembelajaran.



5. Visioner


Salah satu peran guru dalam pembelajaran abad 21 adalah sebagai mentor peserta didik.

Tugas mereka tidak sekedar menyampaikan pelajaran, tetapi mengarahkan.

Maka dari itu, guru abad 21 harus memiliki visi. Bisa memandang ke masa depan.

Anak-anak sangat butuh seseorang yang bisa jadi pendengar yang baik, penjaga, pemberi nasehat, dan juga pemberi dorongan saat anak-anak ini terpuruk.

Selain itu, guru juga harus bisa jadi teladan bagi siswa-siswanya.



6. Advokat


Seorang guru tidak hanya berperan sebagai pendidik. guru juga berperan sebagai advokat. Advokat untuk profesi mereka dan siswa yang mereka didik.


Guru harus kritis terhadap berbagai kebijakan di sektor pendidikan. Memperhatikan berbagai isu yang berkembang dan siap mengambil sikap untuk kepentingan profesi.


Karakteristik seperti diatas tidak serta merta dimiliki oleh seorang guru. Karakteristik tersebut dimiliki berkat sejumlah usaha dan dedikasi para guru.


Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, anda bisa tanyakan pada kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk dapat mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi silahkan follow akun www.muarapendidikan.net ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.



sumber gambar: @amazingteachers.id


Baca Juga

Post a Comment

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post