BLANTERORIONv101

Tips 40 Cara Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Virus Covid-19

24 May 2020
Tips 40 Cara Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Virus Covid-19 - Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supernatural adalah beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Tak jarang cara yang dilakukan menghabiskan banyak biaya dan bahkan juga tak jarang menabrak aneka norma dan logika. Tetapi sebenarnya menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit, bahkan juga kadangkala tidak memerlukan biaya sama sekali. Tetapi tentunya butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan yang hanya sedikit orang bisa untuk tetap konsisten menjalani. Berikut kami sajikan 45 cara hidup sehat yang dapat dijadikan rujukan untuk tetap sehat dan senantiasa bahagia dalam menjalani hidup. Berikut paparannya.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Tahukah Anda bahwa sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kurang minum cukup air setiap hari? Ini tentu hal yang tidak baik sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh kita. Ini karena kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air kita. Sebuah penelitian menunjukkan jumlah air yang kita butuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor.

Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan, dan berat badan, tetapi umumnya kita perlu 2,7-3,7 liter asupan air. Jika muncul tanda2 seperti misalnya; urine berwarna atau agak kuning, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Segeralah minum air karena itu tanda-tanda yang muncul karena tubuh mulai kekurangan cairan.

2. Tidur dan beristirahatlah yang cukup

Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat. Ini sangat beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktifitas kembali dengan maksimal. Tetapi bila tidak beristirahat dengan baik, Anda bisa mengkompensasi dengan makan lebih banyak, tetapi ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Cukup istirahat dan tidur juga mencegah penuaan dini.

3. Meditasi

Meditasi menenangkan pikiran dan menenangkan jiwa. Ketenangan sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dapat menjauhkan kita dari stress yang menjadi sumber dari banyak penyakit dan gangguan kesehatan.

4. Berolahraga Teratur

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Jika tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga dan buka lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

5. Lakukan olahraga sebagai bagian dari kesenangan

Ketika menikmati olahraga, Anda akan secara alami ingin melakukannya. Sebab olahraga yang terpaksa akan menimbulkan penderitaan yang alih-alih menyebabkan Anda ingin terus melakukannya tetapi malah menjadi malas. Jadi pilih olahraga yang disenangi dan lakukanlah rutin.

6. Berolahragalah seperti bermain
Latihan kardio saja seperti misalnya jogging akan membuat penat dan bosan. Berikan tubuh lebih banyak olahraga yang menyenangkan dan berkelompok, seperti misalnya basket, sepak bola, renang, tenis, badminton atau voli dan masih banyak yang lain. Ini akan menyenangkan karena Anda sekaligus juga dapat bersosialisasi dengan orang lain sembari melakukan aktivitas yang sehat.

7. Makan lebih banyak buah
Makanlah lebih banyak buah dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak jenis buah yang dapat dikonsumsi yang selain menyehatkan juga rasanya dijamin enak.

8. Makan lebih banyak sayuran
Seperti halnya buah-buahan, sayuran penting untuk kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita setidaknya harus mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan / sayuran, setiap harinya. Kabar buruknya adalah kebanyakan orang kurang menyenangi untuk mengkonsumsi sayuran, dan ini tentu adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan kita.

9. Pilih makanan berwarna cerah sebagai antioksidan
Buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah biasanya tinggi dalam anti-oksidan. Anti-oksidan sangat diperlukan oleh tubuh karena mereka menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh kita yang bisa merusak sel-sel tubuh kita.

Jadi mungkin Anda perlu untuk mulai mengkonsumsi sayur dan buah dengan warna-warna yang berbeda, seperti misalnya; putih (Pisang, jamur), Kuning(Nanas, Mangga), Oranye (Jeruk, Pepaya), Merah(Apel, Stroberi, Tomat, Semangka), Hijau (Jambu, Alpukat, mentimun, Selada, Seledri), Ungu/Biru (Buah Berry, Terong, Buah Plum). Diet Warna ini juga baik menjaga diet yang menyehatkan serta membentuk tubuh ideal

10. Kurangi makanan olahan dan makanan dalam kaleng
Makanan  olahan atau kalengan sebaiknya dihindari karena berbagai alasan seperti misalnya; nilai gizi yang sering tidak sempurna, adanya pengawet yang ditambahkan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan, jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu panjang. Bahkan juga penambahan garam yang harus dipertimbangkan sebelum mengkonsumsi makanan olahan atau kalengan terlalu sering.

11. Mulailah mencintai diri sendiri
Dengan mencintai diri sendiri Anda akan terhindar dari dampak buruk stres yang dapat berakibat buruk juga bagi kesehatan. Selain itu Anda juga dapat mengambil lebih banyak manfaat dengan pemikiran positif terhadap cara pandang tentang hidup dan kehidupan yang lebih luas yang tentu menjadikan anda pribadi yang lebih bahagia setiap harinya.

12. Berjalan dengan Bertelanjang Kaki
Ada banyak manfaat yang terbukti positif berjalan dengan bertelanjang kaki berjalan mulai dari dapat memperbaiki postur tubuh lebih baik, mengurangi stres untuk kaki dan sendi. Ini sungguh beralasan ilmiah karena berjalan dengan bertelanjang kaki memberikan efek pijatan yang menciptakan rasa nyaman ke sekujur badan.

13. Jauhi orang-orang dengan pola pikir negatif
Sikap mental yang positif merupakan bagian penting dari hidup sehat. Ini tentu menjadikan Anda tidak perlu untuk mendekati Orang-orang berpikiran negatif yang akan meracuni pikiran dengan segala pemikiran yang dapat menyebabkan stres yang berdampak buruk untuk kesehatan.

14. Bersihkan diri Anda sendiri juga dari hal yang negatif
Menjadi sehat adalah pilihan, selain menolak faktor eksternal, Anda juga harus mampu untuk menetralisir segala pikiran kontraproduktif atau negatif yang dapat menjadikan Anda tidak bahagia dan stres.

15. Tulislah banyak hal mengenai mimpi dan kebahagian
menyimpan pikiran-pikiran ini terpendam dalam diri itu tidak sehat. Oleh karenanya menulis akan bisa menjadi salah satu hal yang memicu pelepasan hal negatif dari dalam diri sendiri. Ini juga berarti bahwa tidak sekedar menulis, tetapi juga meletakan dasar-dasar kebahagian hidup kedepannya. Penelitian telah menyebutkan bahwa, sebagian remaja dan orang dewasa yang tumbuh dengan kebiasan menulis buku harian memeliki kecenderungan yang lebih bahagia ketimbang yang tidak.

16. Kenali makanan pemicu, kendalikan asupan gula dan garam
Mengkonsumsi gula dan garam berlebihan dapat menggangu kesehatan, meski demikian tetap diperlukan konsumsi gula dan garam dalam kadar yang tepat.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
17. Seringlah bernafas dalam-dalam
Anda mungkin tahu bagaimana untuk bernapas, tetapi sudahkah Anda bernapas dengan cara yang tepat dan sehat? Anehnya sebagian besar dari kita tidak bernapas dengan benar – sebab hanya bernafas dangkal. Seperti seorang Atlet yang dilatih teknik pernapasan yang tepat untuk mendapatkan performa terbaik mereka. Sebuah tarikan nafas yang penuh di mana Anda benar-benar mengisi paru-paru dengan oksigen akan membuat kita menjadi lebih segar dan bergairah.

18. Hindari cara makan yang melibatkan emosional
Tak jarang ketika kita stress atau merasa tertekan kita makan lebih banyak, ini adalah sebuah bencana bagi kesehatan. Cara makan yang melibatkan emosi atau menuruti emosi akan menyebabkan dampak buruk, yang paling terlihat tentunya adalah obesitas.

19. Makanlah dalam porsi kecil
Makanlah sedikit tapi sering, ini akan membuat Anda merasa lebih baik. Karena dengan demikian tubuh akan dapat mencerna makanan dalam proses metabolisme dengan lebih sempurna. Ini bukan berarti adalah pembenaran untuk kebiasan mengemil tentunya.

20. Berhenti makan ketika merasa kenyang
Kebanyakan dari kita acapkali memiliki kebiasan makan yang tidak menentu kadang kita makan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tak jarang situasi sosial juga mendukung seperti misalnya ketika kita sedang ada di tengah pesta. Ingatlah bahwa Anda bukan mesin pengiling yang bisa menghabiskan seluruh makanan yang dihidangkan.

21. Karbohidrat coklat vs karbohidrat putih
Mengganti nasi putih dengan beras merah atau beras dengan kulit ari yang masih tersisa, roti putih dengan roti gandum utuh adalah sebuah kebiasaan yang baik bagi kesehatan.

22. Hiduplah dengan tujuan
Kesehatan yang positif dimulai dari dalam! Apakah Anda menjalani kehidupan yang berarti? Apakah Anda hidup sejalan dengan tujuan? Pastikan untuk mencanangkan tujuan hidup, dan raihlah dengan penuh ketenangan adalah suatu hal yang baik dan berati untuk hidup dan kesehatan.

23. Katakan tidak untuk makanan berminyak
Mengurangi asupan makanan cepat saji, gorengan serta makanan berminyak lainnya akan berdampak baik bagi kesehatan.

24. Kendalikan Gula, Sekali Lagi!
Simpan hal-hal yang terlalu manis, permen, coklat, cake dengan toping yang terlalu manis. Mungkin semua enak dan luar biasa dipandan mata mungkin lebih lagi ketika menyentuh lidah, tapi ingatlah kesehatan adalah mutlak adanya.

25. Tingkatkan dan perhatikan postur tubuh
Postur tubuh yang baik memberi banyak manfaat, seperti misalnya; meningkatkan pernapasan, membuat Anda terlihat lebih cerdas dan lebih menarik, yang tentu akan berdampak baik bagi kesehatan mental dan fisik.

26. Go organik
Sering ada pertanyaan, “apa itu makanan organik?”dan jawabannya adalah  "makanan yang dihasilkan tanpa input sintetis seperti pestisida dan pupuk kimia, tidak mengandung organisme hasil rekayasa genetika, dan tidak diproses menggunakan radiasi, pelarut industri, atau makanan tambahan kimia". Dengan memperhatikan penjelasannya saja mungkin sudah terbayang sayuran hijau, atau buah tanpa pestisida yang tentu bebas dari rasa khawatir untuk menyantapnya pula.

27. Kurangi konsumsi soda dan kafein
Sifatnya yang diuretik - yang berarti dapat mempercepat laju produksi urin, tentu akan mengurangi asupan air dalam tubuh. Sebaiknya ganti kafein atau alkohol dengan jus buah bebas gula yang lebih mengandung air dan lebih enak tentunya.

28. Jangan minum alkohol
Seperti kafein, alkohol adalah diuretik, dan tidak hanya itu, alkohol berulang kali terbukti memiliki efek negatif pada tubuh dan kesehatan kita – seperti mempengaruhi berfungsinya otak, hati, paru-paru, dan organ utama yang lain. Jika Anda minum alkohol secara teratur, saatnya untuk hentikan itu.

29. Siapkan makanan sendiri
Kebanyakan dari kita dengan gaya hidup modern yang serba cepat mengingkan sesuatu yang serba instan dan serba ada. Termasuk dalam hal makan, sebaiknya mempersiapkan makanan sendiri. Karena ada lebih banyak hal yang dapat dikontrol dan perhatikan yang tentu bermanfaat untuk kesehatan pribadi.

30. Belajarlah untuk mengatakan tidak
Hal yang sulit, apalagi bagi yang gemar nongkrong bersama kawan. Namun sesekali mengatakan tidak, ada baiknya dan sah-sah saja. Apalagi jika itu dilakukan untuk alasan menjaga pola makan dan diet yang seimbang.

31. Bawalah botol air sendiri
Membawa botol air minum mungkin adalah hal yang kurang populer tapi bagi yang biasa pergi kekantor ada baiknya menyiapkan dan mengisi botol air minum sendiri, selain untuk penghematan karena Anda bisa mengisi ulang di pantri kantor, juga untuk alasan kesehatan tentunya.

32. Salad, dan pastikan mengunjungi salad bar di restoran cepat saji
Setidaknya jika Anda masih harus makan di resto cepat saji, pastikan mengambil salad dari salad bar. Ini untuk memenuhi konsumsi sayur seharian tentunya.

33. Siapkan untuk yang rendah kalori, dan rendah lemak
Kini ada banyak produk rendah kalori dan rendah lemak yang dapat dipilih, seperti misalnya susu rendah lemak atau jenis camilan rendah kalori yang bisa anda pilih sebagai penganti makanan tinggi lemak dan kalori.

34. Berhenti merokok
Telah banyak terbukti bahwa merokok merugikan kesehatan, mulai dari resiko kanker paru paru hingga kanker mulut. Pastinya sudah tidak ada hubungannya antara rokok dan kejantanan sebab merokok terbukti menghilangkan kejantanan itu sendiri. Jadi berhenti merokok sekarang.

35. Hindari perokok
Bagi yang tidak merokok jangan sampai kesehatan Anda dipertaruhkan jauhi para perokok sekarang, dan bagi para perokok bersiaplah untuk tidak memiliki teman. Sebab keduanya terbukti merusak kesehatan.

36. Pilihlah camilan sehat
Saat lapar dan waktu makan belum tiba ada baiknya memilih camilan sehat seperti buah-buahan, kini snack rendah kalori juga telah tersedia tetapi mengkonsumsi buah-buahan tetap lebih direkomendasikan.

37. Minumlah smoothies sayur dan buah
Smoothies sayur dan buah tentu sangat menyehatkan, disamping rasanya yang enak anda dapat memperoleh manfaat dari buah dan sayur secara sekaligus tentunya.

38. Peras jus buah sendirian
Memeras jus buah sendiri akan lebih baik dibanding jus dalam kemasan, ini tentu beralasan sekali karena disamping tidak ada pengawet Anda juga dapat memastikan apa yang masuk ke dalam jus.

39. Cobalah beralih menjadi vegetarian
Menjadi vegetarian bukan hanya sekedar perkara kesehatan, karena ada juga diet vegetarian yang kurang baik. Karena itu sebelum menjadi vegetarian ada baiknya mempelajari seluk beluk seorang vegetarian. Sisanya cobalah lakukan secara bertahap.

40. Menjadi Vegan
Menjadi vegan berarti Anda sudah murni tidak mengkonsumsi apapun yang mengandung seluk beluk hewani, termasuk; telur, keju dan susu. Ini mungkin bisa sehat tetapi pastikan dengan berkonsultasi terlebih dahulu mengingat kebutuhan kalori setiap orang berbeda.

Muara Pendidikan
Situs yang membahas seputar Operator, Tekno, Android, Komputer, Driver, Anti Virus, Ujian Nasional, UKK, Semester, PMP, Dapodik, Erapot, PKG, teknologi, kesehatan, pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan anak.

3 comments

  1. Unknown
    Unknown May 27, 2020 at 9:26 PM

    Bagaimana dengan pesantren?? Dengan jumlah ruangan/fasilitas yg dimiliki pesantren dan jumlah santri yang banyak sepertinya akan sulit jika melaksanakan kebijakan2 seperti diatas... santri di pesantrenku juga tidak hanya berasal dari satu daerah saja... kita berasal dari berbagai daerah.... gimana tuh? Apakah ada krbijakan lain untuk pesantren???

    Reply
  2. Unknown
    Unknown May 27, 2020 at 9:26 PM

    Bagaimana dengan pesantren?? Dengan jumlah ruangan/fasilitas yg dimiliki pesantren dan jumlah santri yang banyak sepertinya akan sulit jika melaksanakan kebijakan2 seperti diatas... santri di pesantrenku juga tidak hanya berasal dari satu daerah saja... kita berasal dari berbagai daerah.... gimana tuh? Apakah ada krbijakan lain untuk pesantren???

    Reply
  3. Unknown
    Unknown May 27, 2020 at 9:26 PM

    Bagaimana dengan pesantren?? Dengan jumlah ruangan/fasilitas yg dimiliki pesantren dan jumlah santri yang banyak sepertinya akan sulit jika melaksanakan kebijakan2 seperti diatas... santri di pesantrenku juga tidak hanya berasal dari satu daerah saja... kita berasal dari berbagai daerah.... gimana tuh? Apakah ada krbijakan lain untuk pesantren???

    Reply