-->
NaF4MWN8Nqx4Mat9NGR7MGt4NSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Panduan Membuat Soal dan Penilaian Online dengan Google Form


Kali ini kita akan belajar bagaimana membuat latihan ujian online dengan menggunakan Google Forms. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi gratisan dari Google yang menurut saya sangat fungsional. Walaupun secara default Forms ini dirancang untuk mengumpulkan kuisioner, namun pada perkembangannya forms ini dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi, diantaranya untuk membuat soal latihan secara online. Didalam aplikasinya kita bisa melakukan banyak hal, diantaranya membatasi 1 responden untuk 1 forms, menentukan point dari masing-masing soal, memberikan feedback jawaban benar setelah kuis selesai dikerjakan. Dan setelah mengerjakan kuis, responden bisa melihat jumlah nilai dan jawaban yang benar.

Langkah - langkah Membuat Soal dan Penilaian Online dengan Google Form :

1. Buka (Login) gmail anda (kalau belum punya, bikin dulu).

2. Buka google drive (bisa ke http://drive.google.com)

3. Klik tombol baru (atau kalau bhs inggrisnya New)

4. Akan muncul menu drop down, pilih lainnya, pilih google formulir

5. Jika pertama kali memakai, akan muncul tawaran TUR, boleh diabaikan dengan klik tombol LAIN KALI, lalu akan muncul form isian seperti gambar di bawah ini, silahkan diisi sesui dengan petunjuk yang ada di gambar.

  • untuk mengantisipasi jawaban yang kosong atau terlewati maka kita perlu klik pada tulisan wajib diisi di bagian sisi kanan bawah form.
  • dibagian bawah terdapat simbol duplikat yang fungsinya untuk menggandakan soal dan tinggal kita edit pertanyaannya. ada gambar tong yang memiliki fungsi untuk menghapus soal pertanyaan.
  • pada bagian kanan terdapat simbol baris vertikal yang memiliki fungsi dari atas sampai bawah, yakni : 
    • Simbol + untuk menambah soal pertanyaan.
    • Import pertanyaan untuk mengambil pertanyaan dari file.
    • Tambahkan judul dan deskripsi.
    • Tambahkan video.
    • Tambahkan gambar.

6. Soal bisa pilihan ganda, isian dll, bisa disisipi gambar, video dll, bisa dibuat soal yang wajib diisi atau tidak. setelah selesai satu soal, kalau mau menambah klik tanda +, kalau selesai bisa di setting soal-soal tersebut dengan klik salah satu tombol, seperti gambar dibawah ini :

7. Silakan dipilih sesuai selera, ada:
  • Pengaya, yang berisi Choice eliminator 2 dan doc Appender
  • Pallet Warna, untuk mempercantik tampilan dengan mengubah warna
  • Pratinjau, untuk melihat bagaimana kuis online ditampilkan di layar komputer siswa. 


8. Setelan, untuk mengatur bagaimana settingan kuis (soal online kita) yang terdiri dari beberapa menu penting seperti apakah siswa harus login dan hanya dapat memberikan kali 1 tanggapan saja, notifikasi apakah jawaban sudah terkirim atau belum, apakah siswa dapat melihat skornya, dan lain-lain.
  • Langkah berikutnya adalah klik menu TANGGAPAN yang terdapat di sebelah kanan menu PERTANYAAN pada formulir soal kuis anda.
  • Akan terbuka tab TANGGAPAN seperti gambar berikut. Lalu aktifkan TANGGAPAN (artinya menerima jawaban yang diberikan siswa) sehingga tombol tanggapan berwarna ungu.
  • Tanda titik 3 buah yang berderet ke bawah. adalah untuk mengambil jawaban siswa,  dengan mengkliknya nanti, kita bisa mendownload jawaban yang diberikan siswa setelah mereka mengikuti ujian online dalam bentuk file excel.

9. Kalo semua langkah-langkah sudah disetting semua, maka klik simpan dan klik tombol kirim.


Membuat Kunci Jawaban

1. Pada bagian setelan pilihlah bagian kuis dan pilih jadikan ini sebagai kuis. adapun tampilannya sebagai berikut :

2. Setelah di ceklist maka kita kembali ke soal yang telah kita buat tadi untuk mengedit skor dan jawaban yang benar serta alasan jawaban yang benar atau salah. Tampilannya sebagai berikut :

3. Pada gambar diatas kita klik kunci jawaban yang ada di bagian bawah soal, sehingga akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, pilih jawaban yang benar dan berikan poin pada kolom sebelah soal.
  • Untuk meberikan umpan balik terhadapa jawaban siswa maka kita dapat memberikan tambahan masukan jawaban yakni memberikan alasana jawaban kenapa bisa benar atau salah, seperti gambar dibawah ini : 

4. Setelah semua kita buat, maka soal online dapat kita kreasikan sesuai dengan keinginan kita masing masing. Ingat langkah terakhir adalah memberikan link soal kepada siswa dengan cara klik kirim. Seperti gambar dibawah ini :

5. Cara Mengirim Forms Anda:

  • Dikanan atas, klik Kirim.
  • (Opsional) Untuk mengumpulkan alamat email: Jika pendengar formulir terbatas pada organisasi Anda, periksa secara otomatis kumpulkan alamat email organisasi responden Anda. Jika Anda mendistribusikan formulir secara eksternal, periksa Kumpulkan alamat email.
  • Pilih bagaimana Anda ingin mengirim formulir:
  • Masukkan alamat email di kolom Kepada. Anda dapat menyesuaikan konten subjek dan pesan.
  • Link-Klik Link ‘insert link’. Anda dapat mempersingkat URL. Klik Salin dan tempel tautan ke obrolan, percakapan, atau email.
  • Konten situs web-Klik kode Embed. Anda dapat menentukan dimensi bingkai sebaris. Klik Copy dan paste HTML ke dalam website atau blog Anda.
  • Untuk mengirimkan Forms Anda pada disosial media yang Anda miliki Anda tinggal Klik salah satu ikon media sosial.

Share This Article :
Muara Pendidikan

Situs yang membahas seputar Operator, Tekno, Android, Komputer, Driver, Anti Virus, Ujian Nasional, UKK, Semester, PMP, Dapodik, Erapot, PKG, teknologi, kesehatan, pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan anak.

3594352797841265890