-->
NaF4MWN8Nqx4Mat9NGR7MGt4NSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Harganya Melonjak hingga Ratusan Ribu! Buah Kecil yang Kerap Dijumpai di Pinggir Jalan Ini Ternyata Memiliki Segudang Manfaat, Diantaranya.....

Manfaat buah ceri kersen untuk kesehatan belum banyak diketahui. Buah ceri kersen ini kerap tumbuh di pekarangan rumah bahkan di tepi jalan. Namun, meski mudah dijumpai, buah berukuran kecil ini kerap diabaikan dan dianggap tidak bernilai.

Padahal, ada banyak manfaat buah ceri kersen bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen memiliki segudang nutrisi seperti vitamin, antioksidan, bahkan antibiotik alami yang baik untuk tubuh.

Salah satu manfaat buah ceri kersen yang paling terkenal untuk diabetes dan kolesterol. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen kaya akan serat yang terdapat di kulit buahnya. Meskipun begitu, penderita diabetes dan kolesterol tetap mendapat terapi di bawah pengawasan dokter sebelum mengonsumsi buah ceri kersen.

Berikut manfaat buah ceri kersen untuk kesehatan yang, diantaranya :

Mengontrol Gula Darah dan Menurunkan Tekanan Darah

Mengontrol Gula Darah
Buah ceri kersen identik dengan rasanya yang manis. Namun buah ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Pada sebuah penelitian juga sudah menemukan dan menjelaskan bahwa terdapat penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan setelah mengonsumsi ekstrak buah kersen.

Hal ini membuktikan bahwa buah ceri kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen juga dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat buah ceri kersen selanjutnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Penyebab tersering tekanan darah tinggi adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti makanan tinggi garam, tinggi lemak, dan merokok.

Untuk mengtasi masalah tekanan darah tinggi ini, kamu bisa memanfaatkan kandungan nitric oxide dalam buah ceri kersen. Kandungan ini mampu bekerja untuk melemaskan pembuluh darah sehingga dapat mengalir dengan lancar dan secara langsung menurunkan tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Mengurangi Rasa Sakit Asam Urat

Menjaga Kesehatan Jantung
Pada daun dan buah ceri kersen memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung sehat.

Jika aliran darah menuju jantung kamu tidak lancar, maka jantung akan berpotensi mengalami kerusakan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah ceri kersen dan daunnya untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Mengurangi Rasa Sakit Asam Urat
Manfaat buah ceri kersen lainnya dapat mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Bagi penderita asam urat kerap merasakan rasa nyeri yang hebat. Nah, untuk mengurangi rasa sakitnya, kamu bisa mengonsumsi buah ceri kersen secara rutin.

Bukan hanya buah kersennya saja, daun buah ceri kersen juga bisa kamu gunakan untuk meredakan nyeri asam urat. Caranya, rebus daun ceri kersen dengan air selama beberapa menit. Kemudian dinginkan dan ambil sari airnya. Setelah itu minum air tersebut secara rutin setiap hari. Niscaya asam urat dapat kembali normal.

Anti Tumor dan Sumber Antioksidan

Anti Tumor
Bukan hanya buah ceri kersen, ternyata daun kersen juga memiliki efek anti-tumor. Perpaduan daun dan buah ceri kersen ini ternyata mempunyai sifat anti-tumor yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan di dalam buah kersen yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor. Antioksidan ini berasal dari vitamin A, vitamin C, dan betakaroten di dalamnya.

Sedangkan kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun ceri kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Jika mengonsumsinya secara teratur, maka sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Sumber Antioksidan
Tubuh mengalami yang namanya proses oksidasi dan melepaskan radikal bebas. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.

Oleh karena itu, tubuh kerap membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Manfaat buah ceri kersen lainnya adalah sebagai salah satu sumber antioksidan.

Pasalnya, buah ceri kersen ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Pada buah ceri kersen memiliki kurang lebih 24 senywa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal inilah yang menandakan kalau ceri kersen merupakan buah yang kaya akan antioksidan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Kesehatan Pencernaan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mencegah Infeksi
Tingginya kandungan antioksidan yang beragam dan antibiotik alami pada buah ceri kersen, dapat digunakan sebagai pengobatan infeksi. Antioksidan tinggi di dalam tubuh ini dapat mengurangi kerusakan sel akibat oksidasi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Manfaat buah ceri kersen lainnya dapat menjaga kesehatan pencernaan. Gangguan pencernaan yang paling umum terjadi adalah maag. Penyakit ini membuat beberapa penderitanya kerap merasakan nyeri perut, mual, merasa kembung, dan muntah.

Karena buah ceri kersen memiliki sigar anti-inflamasi, makan buah ceri kersen ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati permasalahan di lambung. Selain itu, berdasarkan penelitian, buah ceri kersen juga dapat menetralkan asam lambung dan melindungi mukosa lambung.

Mengatasi Flu dan Membantu Meredakan Nyeri

Mengatasi Flu
Buah ceri kersen memiliki kandungan vitamin C. Di dalam 100 gram buah ceri kersen, terdapat 150 mg vitamin C yang berguna untuk mengobati flu dan pilek. Menurut penelitian, mengonsumsi vitamin C saat flu dapat mempersingkat durasi penyakit hingga 8 persen pada orang dewasa dan 14 persen pada anak-anak.

Membantu Meredakan Nyeri
Daun ceri kersen dikenal memiliki sifat antinosiseptif yang dapat menurunkan sensitivitas terhadap stimulus nyeri. Kandungan lainnya seperti vitamin C dan flavonoid juga berperan dalam meredakan nyeri.

Walaupun manfaat buah ceri kersen sangat banyak, namun sebaiknya kamu tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah ceri kersen ini. Jika berlebihan, kamu dapat mengalami gangguan kesehatan seperti sakit perut, mual, atau muntah.

Sumber : https://hot.liputan6.com/read/4168150/10-manfaat-buah-ceri-kersen-bisa-atasi-masalah-kesehatan-tubuh

Share This Article :
Muara Pendidikan

Situs yang membahas seputar Operator, Tekno, Android, Komputer, Driver, Anti Virus, Ujian Nasional, UKK, Semester, PMP, Dapodik, Erapot, PKG, teknologi, kesehatan, pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan anak.

3594352797841265890